Blog

Cara Menggunakan Lift yang Baik dan Benar

cara menggunakan lift

Untuk orang yang tinggal di kota besar mungkin sudah biasa menggunakan lift. Namun, masih banyak orang yang belum tahu cara menggunakan lift. Tenang, itu sesuatu yang wajar dan bukan sebuah kesalahan. Terutama kalau daerah tempat tinggalnya tidak ada bangunan yang punya lift.

Mungkin kamu salah satunya? Jangan berkecil hati apalagi merasa malu karena itu. Sangat wajar kalau kamu masih sangat asing terhadap alat itu. Wajar pula kalau kamu nggak tahu bagaimana cara menggunakannya. Mungkin kamu takut atau malu ketika akhirnya mendapat kesempatan untuk mencoba menggunakan lift.

PROMO LIFT TERBATAS

This image has an empty alt attribute; its file name is Klik-Disini-pesan-sekarang.gif

1. Memastikan Jenis Lift

Secara umum, lift memiliki dua jenis. Ini yang paling sering ditemui di sarana publik, yaitu lift pengangkut orang dan lift pengangkut barang. Lift pengangkut barang biasanya letaknya tersenyembunyi, maksudnya cuma bisa diakses orang tertentu, seperti pegawai gedung tersebut. Namun, kalau kamu bingung membedakan lift khusus untuk orang dan barang maka kamu bisa menanyakannya kepada pegawai di sana.

Meski jenisnya berbeda, cara penggunaannya hampir sama, kok. Siapa tahu kamu bekerja di suatu gedung dan suatu hari atasan meminta kamu mengangkut sesuatu dengan menggunakan lift barang, jadi kamu tidak kebingungan lagi.

2. Ketahui Posisimu

Ini penting supaya kamu nggak salah memencet tombol. Ketahui posisi kamu berada, ada di lantai berapa kamu sekarang? Dengan begitu kamu bisa memutuskan harus turun atau naik, karena untuk membuka lift akan ada dua tombol berbeda. Keduanya bergantung pada posisi kamu saat itu dan ke mana tujuanmu menggunakan lift. Mau naik atau turun?

Kalau kamu mau naik ke lantai atas, kamu bisa memencet tombol yang mengarah ke atas. Kalau kamu bingung cara turun lift ke lantai dasar atau turun ke lantai di bawahmu, kamu bisa memencet tombol yang mengarah ke bawah. Biasanya cuma ada dua tombol yang letaknya bertumpuk. Bentuknya kotak dengan simbol segitiga yang mengarah ke atas dan ke bawah. Pencet salah satu, lalu tunggu pintu terbuka.

3. Tombol Darurat

Di antara deretan gambar tombol di lift, ada juga tombol darurat yang bisa kamu gunakan kalau lift tidak berfungsi dengan baik. Bukan berarti lift nggak aman, justru tombol itu dibuat untuk menjamin keamanan siapapun yang menggunakan. Bisa jadi karena lift itu macet, atau berhenti bergerak. Tombol itu bisa menyelamatkan kamu supaya nggak terjebak di dalam lift.

Tombol darurat biasanya berbeda dengan tombol lain yang ada di sana. Lantas apa arti tombol darurat di dalam lift ini? Kalau tombol lain berwarna hitam, tombol darurat di lift ini berwarna merah.

Kalau sesuatu terjadi, kamu bisa pencet tombol itu lalu berbicara pada petugas keamanan yang bertugas. Cara berbicaranya seperti menelepon seseorang, karena di sana juga ada speaker yang memungkinkan kamu berkomunikasi dengan petugas. Silakan jelaskan kalau lift yang kamu pakai berhenti mendadak sehingga mereka bisa segera memberikan pertolongan.

4. Masuk, Tutup, dan Tentukan Lantai Tujuanmu

Setelah pintu terbuka, kamu bisa masuk ke lift. Di sebelah kanan, kamu menemukan banyak tombol. Pertama-tama, kamu harus memencet tombol untuk menutup pintu lift. Ada satu tombol yang memiliki simbol dua buah segitiga yang sudutnya berhadapan. Nah, kamu perlu memencet tombol itu untuk menutup pintu lift.

Di dekatnya, kamu juga akan menemukan tombol yang memiliki simbol dua buah segitiga yang berlawan. Tombol tersebut berfungsi untuk membuka kembali pintu lift yang sudah ingin kamu tutup. Barangkali tas milikmu ketinggalan, atau ada orang lain yang ingin ikut masuk. Namun, kamu cuma bisa memencet tombol itu ketika lift belum bergerak.

5. Menyesuaikan Desain Lift

Ini cuma untuk berjaga-jaga. Ada beberapa orang yang takut ketinggian dan ada beberapa gedung yang mendesain lift dengan model transparan. Kalau kebetulan kamu takut ketinggian, sebaiknya kamu mempersiapkan diri kalau harus menggunakan lift transparan. Kamu bisa menyiasati itu dengan memejamkan mata atau mengalihkan pandangan supaya nggak melihat ke samping, ke arah luar lift ketika lift itu naik.

Demikian cara menggunakan lift. Memang desain lift pada setiap gedung mungkin berbeda, tetapi kalau kamu sudah bisa menggunakan satu lift maka kamu bisa dipastikan bisa menggunakan lift lain di tempat yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Promo Terbatas Jasa Pembuatan Lift Barang & Lift Makanan.. Bisa Custom Lift di Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda